KELEBIHAN FAKULTAS ADAB

KOMPETENSI LULUSAN FAKULTAS ADAB

  • Lulusan memiliki kemampuan berdiskusi terkait minatnya, berkomunikasi secara efektif, mengemukakan gagasan dengan jelas, serta memberikan analisis, menggunakan bahasa Arab.
  • Lulusan memiliki kemampuan menulis, menarasikan, dan mempresentasikan topik tertentu menggunakan bahasa Arab terkait sejarah, kebudayaan, sastra, politik, dan tradisi intelektual Islam baik di dunia Arab maupun Nusantara.
  • Lulusan mampu memanfaatkan pengetahuan dan keahliannya di bidang bahasa dan sastra Arab untuk berinteraksi dengan masyarakat dalam berbagai lapisan.

Apa istimewanya Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA)?

Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) bertujuan memberikan pengetahuan yang kokoh di bidang bahasa Arab klasik dan modern, kemampuan berbahasa Arab yang komunikatif, akrab dengan ekspresi bahasa Arab sastrawi, serta memiliki pengetahuan luas, baik terkait sejarah sastra dan kebudayaan Arab, maupun sastra dan kebudayaan Islam Nusantara. Pengantar kuliah banyak menggunakan Bahasa Arab. Mahasiswa memiliki kesempatan untuk pertukaran pelajar ke universitas-universitas di Timur Tengah.

 

Siapa yang cocok kuliah di BSA?

Siapapun yang yang suka belajar bahasa asing, memiliki minat khusus untuk mengetahui budaya Arab melalui bahasa dan kesusastraannya, serta mengetahui hubungannya yang sangat kuat dengan budaya dan Islam Nusantara.

 

Lulusan BSA bisa bekerja di mana?

  • Menjadi pendidik atau peneliti di bidang bahasa dan sastra Arab;
  • Bekerja di media, bank, kantor diplomat, atau kantor lainnya yang berurusan dengan negara-negara Arab;
  • Bergabung dengan perusahaan, negeri maupun swasta, atau bekerja di organisasi yang berhubungan dengan Timur Tengah;
  • Melanjutkan studi tingkat Magister pengkhususan bidang bahasa dan sastra Arab yang digabungkan dengan pendekatan multidisiplin bidang ilmu lain, seperti kajian budaya, agama, hukum, politik, hubungan internasional, dan lainnya.

 

Struktur Kuliahnya Bagaimana?

  • Perkuliahan diselenggarakan selama 4 (empat) tahun, fokus pada penguatan pembelajaran bahasa Arab dan pengetahuan tentang kebudayaan dan kesusastraan Arab, serta pengetahuan tentang sastra Arab Islam Nusantara.
  • Evaluasi hasil perkuliahan dilakukan melalui ujian tertulis, ujian lisan, dan penulisan karya ilmiah (skripsi)
  • .

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>