PROF. MUHAIMIN SERUKAN PENTINGNYA PUBLIKASI ILMIAH BAGI DOSEN

Posted by on Jul 23, 2018 | 0 comments

Ada tiga tugas utama dari seorang dosen yang termuat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Yang di maksud dari Tri Dharma ini adalah pengajaran, penelitian dan pengabdian. “Tugas utama dosen tidak hanya mengajar akan tetapi juga meneliti, dengan meneliti seorang dosen akan mampu melakukan publikasi” papar Prof. Muhaimin. Profesor Universitas Brawijaya ini juga mengingatkan bahwa publikasi menjadi penentu kualitas seorang dosen. “Dengan banyaknya publikasi yang di lakukan oleh Dosen, menunjukkan bahwa dosen tersebut berkualitas”, tegasnya.

Prof. Muhaimin mengingatkan bahwa agar dosen berhati-hati dengan jurnal  predator. Secara ringkasnya Jurnal predator adalah jurnal yang di terbitkan oleh penerbit dengan tujuan utama untuk meraup untung dan meminta imbalan besar bagi yang ingin menulis di jurnal tersebut. Jurnal predator ini adalah sebuah istilah yang di ajukan oleh seorang pustakawan bernama Jeffery Beall. Prof. Muhaimin memberikan komentar kepada Beall dan mengatakan bahwa orang tersebut kurang kerjaan karena berhasil menemukan lebih dari 1000 jurnal predator yang terdaftar di index Scopus. “Kita seharusnya berterimakasih pada Beall karena dengan jasanya kita mampu mengetahui mana jurnal yang predator atau bukan” ujar Profesor asal UB.

Dalam closing statementnya Muhaimin menandaskan bahwa dosen harus melakukan publikasi ilmiah karena publikasi menjadi patokan kualitas seorang dosen di era saat ini. “Kualitas dosen di tentukan oleh publikasinya di jurnal Scopus. Dan kunci untuk menulis jurnal yang tembus di jurnal terindex scopus adalah  dengan meneliti, tanpa penelitian psati akan sulit untuk tembus di Scopus” tutur Profoser jebolan Jepang ini.

468 ad

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *