MAHASISWA BERIKAN PELATIHAN WIRAUSAHA

Bojonegoro – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAI Sunan Giri Bojonegoro berikan pelatihan wirausaha pengolahan pisang di Balai Desa Jumok Kecamatan Ngraho.

Tujuan dari diadakannya kegiatan pelatihan ini adalah untuk menyadarkan masyarakat tentang potensi yang dimiliki oleh Desa. Ibu Kepala Desa Jumok menyampaikan bahwa dengan kegiatan ini mampu menjadi daya tambah ekonomi masyarakat desa Jumok. “Kegiatan seperti ini sangat penting untuk memberikan nilai tambah perekonomian di Desa kami, dan semoga dari acara ini kita mampu memanfaatkan pisang menjadi tambahan penghasilan bagi keluarga” tutur Ibu Kades saat memberikan sambutan.

Ada dua materi dalam pelatihan pengolahan pisang ini, pertama yakni pemanfaatan pisang menjadi nugget, dan selai. Menurut Subeki tujuan dari pelatihan wirausaha ini adalah untuk membantu warga desa Jumok agar mendapat nilai tambah dari pisang. “Sebelum kami mengadakan pelatihan, kami awali dengan melakukan wawancara dan menelusuri desa ini. Dan kebanyakan warga desa langsung menjual pisang untuk dijual. Dan tidak menjadikannya produk yang mempunyai nilai ekonomis lebih,” ujar Subeki selaku pemateri dalam pelatihan ini.

Dalam acara ini hadir juga petugas dari PONKESDES Jumok. Dalam kegiatan ini Bidan desa memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan ini. “Kegiatan yang sangat bermanfaat, terlebih untuk mengatasi masalah gizi bagi balita maupun anak-anak, dan sekaligus untuk kekebalan tubuh karena di dalamnya mengandung vitamin C”, tutur Vera selaku Bidan Desa Jumok.

Dari pelatihan warga desa juga merasakan manfaatnya. “Alhamdulillah, senang dengan ini saya mampu memberikan suguhan kepada tamu. Dan tambahan jajan buat anak-anak”, ujar siti.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>