DISKUSI DWI MINGGUAN FAKULTAS ADAB

HMF ADAB KENALKAN BAHASA ARAB KE SEKOLAH

Posted by on Jan 13, 2018 in Agenda Fakultas | 0 comments

  Bahasa Arab adalah salah satu bahasa internasional yang di akui oleh dunia. Selain itu bahasa Arab juga adalah gerbang untuk memahami teks-teks agama Islam. Oleh sebab itu bahasa Arab menjadi sangat penting untuk di pelajari. Semangat untuk memperkenalkan Bahasa Arab inilah yang menyebabkan Mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab ini bangkit untuk sharing ilmu dan membagikan pengalaman kepada siswa-siswa tingkat SMA Sederajat. “Bahasa Arab itu wajib di pelajari karena kebanyakan teks Islam menggunakan Bahasa Arab” tutur Mufid selaku Dosen Bahasa Arab.

Dan Program yang diadakan oleh HMF Adab ini di beri nama Arabic Go To School. “Tujuan kegiatan (Arabic Go To School) ini adalah untuk memperkenalkan bahasa Arab kepada siswa” tutur Agus selaku ketua HMF Adab. Kegiatan ini akan di langsungkan mulai dari tanggal 13 hingga 21 Januari di sekolah sasaran yang berbeda mulai dari Tuban hinggaBojonegoro. “Kami berikan materi dan memperkenalkan mufrodat dan percakapan sehari-hari dalam bahasa Arab kepada mereka” tutur Nurul selaku pemateri dan pimpinan Prodi.

HMF ADAB RESMI DILANTIK

Posted by on Okt 14, 2017 in Agenda Fakultas | 0 comments

Pelantikan pengurus HMF Adab oleh Dekan Fakultas Adab IAI Sunan Giri Bojonegoro

Bojonegoro– Aula Instit Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro adalah tempat yang paling bersejarah bagi pengurus Himpunan Mahasiswa Fakultas (HMF), Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP), dan Unit Kegiatan Mahasiwa (UKM) karena pada hari Jum’at tanggal 13 Oktober mereka resmi dilantik menjadi pengurus periode 2017-2018. Acara pelantikan ini di mulai pada pukul 14.00 hingga 16.00 WIB. “Acara ini di hadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Dekan, KaProdi, dan perwakilan dosen” ujar Nurin selaku penitia pelantikan. Acara pelantikan ini berlangsung secara khidmat. Dan yang melantik HMF Adab adalah Dekan Fakultas Adab yakni Imroatul Azizah. Dan ketika Dekan memberi pertanyaan tentang kesiapan dan kesediaan para pengurus HMF Adab periode 2017-2018, dengan tegas dan lantang seluruh pengurus HMF Adab yang akan dilantik mengatakan ‘siap’.

“Selamat telah menjadi pengurus HMF Adab yang baru semoga bisa mengemban amanah yang telah diberikan” ujar Dekan Fakultas Adab. Setelah acara pelantikan selesai di lanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan Yogi Prana Izza yang mengingatkan lagi kepada seluruh pengurus bahwa dalam mengemban amanat seorang pengurus memiliki dedikasi dan tanggung jawab yang tinggi atas apa yang telah di embannya.

TIGA DOSEN ADAB TERIMA PENGHARGAAN

Posted by on Sep 23, 2017 in Agenda Fakultas | 0 comments

Sesi foto penerima penghargaan

Bojonegoro- Islamic menjadi tempat yang sangat berkesan bagi wisudawan dan wisudawati 21 IAI Sunan Giri Bojonegoro. Pasalnya pada hari ini sebanyak 143 mahasiswa di kukuhkan menjadi seorang sarjana. Acara pengukuhan wisudawan dan wisudawati ini di hadiri oleh banyak tamu penting mulai dari jajaran pemerintah kabupaten Bojonegoro, perwakilah perguruan tinggi, Kopertais IV dan tokokh-tokoh NU di bojonegoro.

penyerahan penghargaan dosen terbaik kategori penelitian dari BPPT NU Bojonegoro

 

“Lulusan IAI Sunan Giri Bojonegoro harus menjadi generasi yang bisa memberi manfaat bagi sesama” tegas Rektor IAI Sunan Giri Bojonegoro ketika memberikan sambutan. Setelah sambutan di sampaikan di lanjutkan dengan pembacaan mahasiswa dan dosen terbaik.

Dari jajaran dosen ada empat nama yang mendapat penghargaan sebagai dosen terbaik tahun ini. Tiga dari empat nama tersebut adalah dosen fakultas Adab, yakni Miftahul Mufid, Saeful Anwar, dan Nurul Musyafaah. “Saya bahagia dan bersyukur tiga dosen dari jurusan Adab terpilih menjadi dosen terbaik” ucap Nurul yang juga menjabat sebagai Kepala Prodi Bahasa dan Sastra Arab.

Dua dosen lulus beasiswa studi S3 dari Diktis dan satu Dosen lolos untuk mendapatkan hibah penelitian dari Kementrian Agama.

 

sesi foto bersama dosen fakultas Adab IAI Sunan Giri Bojonegoro

 

PENGARAHAN KURIKULUM MOSKA 2017

Posted by on Agu 27, 2017 in Agenda Fakultas | 0 comments

 Bojonegoro- Acara orientasi di Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro di laksanakan selama dua hari dan acara ini sudah dimulai dari kemarin. “Pada pukul 08.00 sampai 09.00 acara diambil alih oleh fakultas masing-masing untuk memperkenalkan fakultas” tutur Erlita selaku ketua BEM. Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh Anggota Himpunan Fakultas Adab untuk memberikan semangat kepada mahasiwa baru dengan memberikan yelyel dan lagu penyemangat.

salama satu jam mahasiswa diberikan wawasan baru mengenai kelebihan fakultas adab dan juga materi tentang kurikulum yang akan dilalui oleh mahasiswa untuk menempuh studi mereka. “Kami berikan wawasan kesusastraan dan memberikan informasi terkait kurikulum dan mata kuliah yang akan mereka lalui” tutur Nurul Musyafaah Ketua Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA). Setelah penyampaian materi dari KaProdi BSA dilanjutkan dengan foto bersama.

Acara ini di hadiri oleh 30 mahasiswa baru dari total 40 mahasiswa prodi Bahasa dan Sastra Arab. “sepuluh mahasiswa baru tidak bisa ikut dikarenakan mereka adalah penerima beasiswa madin” ucapa Imroatul Azizah Dekan Fakultas Adab, lanjut wanita yang enerjik ini “yang tidak ikut MOSKA hari wajib ikut MOSKA tahun depan”. selain mahasiswa acara ini juga di hadiri oleh ketua baru HMF adab dan ketua sebelumnya.

Mas Orientasi Mahsiswa IAI Sunan Giri Bojonegoro

Posted by on Agu 27, 2017 in Agenda Fakultas | 0 comments

Bojonegoro – Masa Orientasi merupakan sarana bagi mahasiswa untuk mengenal lebih jauh tentang lingkungan kampus almamternya. Dan tepatnya pada hari sabtu tanggal 26 Agustus 2107 Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro menggelar kegiatan Masa Orientasi Mahassiswa. Pembukaan kegiatan orientasi ini di hadiri oleh seluruh mahasiswa baru dari gelombang pertama dan gelombang dua. “Peserta kegiatan MOSKA ini diikuti oleh 327 mahasiswa dan belum termasuk calon mahasiswa gelombang tiga dan mahasiswa yang mendapat  beasiswa Madin” tutur Ahmad Mansyur ketua panitia MOSKA IAI Sunan Giri Bojonegoro. lanjutnya, bagi calon mahasiswa yang belum mengikuti MOSKA tahun ini di harapkan untuk ikut MOSKA tahun depan.

Al Hamdulillah pada tahun ini kita mendapat lebih dari 500 Mahasiswa, ini menunjukkan bahwa minat calon mahasiswa untuk memperdalam ilmu Agama di Bojonegoro ini sangat kuat”, tutur Jauharul Ma’arif selaku rektor IAI Sunan Giri Bojonegoro. kegiatan MOSKA ini akan diadakan selama dua hari dimulai hari Sabtu dan di tutup pada hari Minggu pukul 15.00 waktu setempat.

PENUTUPAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) PRODI BSA

Posted by on Agu 14, 2017 in Agenda Fakultas | 0 comments

Bojonegoro – Hari ini adalah hari terakhir para mahasiswa IAI Sunan Giri Prodi Bahasa dan Sastra Arab melaksanakan kegiatan praktek kerja lapangan di KEMENAG Bojonegoro selama 30 hari. Acara penutupan PKL ini dilangsungkan di Aula KEMENAG Bojonegoro.

Acara penutupan ini di hadiri langsung oleh bapak Kepala SUBBAG Tata Usaha  Bapak M.Muhlisin Mufa, M.Pd.I yang mewakili kepala kantor Kemenag Bojonegoro Bapak Munir yang tidak bisa hadir karena menunaikan ibadah haji. “Kami menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Rektor, dan semoga silaturrahim akan tetap terjalin meskipun acara PKL ini sudah selesai” tutur Kasubbag Tatat Usaha Kemenag.

Dan Sambutan dari pihak kampus diwakili oleh Rektor IAI Sunan Giri Bojonegoro Bapak Jauharul Ma’arif, M.Pd.I selain Rektor acara ini juga dihadiri oleh Dekan Adab Imroatul Azizah dan Kaprodi BSA Nurul Musyafa’ah. “Kami mohon maaf apabila selama disini mahasiswa kami ada perilaku atau tutur kata yang kurang berkenan” tutur Rektor.

Acara ini berlangsung khidmat dan sebelum di tutup doa, ada acara penyerahan cindera mata dari pihak kampus untuk Kemenag Bojonegoro yang di berikan langsung oleh Rektor dan di terima oleh Kasubbag Tata Usaha Kemenag Bojonegoro.

HMF ADAB IAI SUNAN GIRI GELAR MUSYAWARAH TAHUNAN

Posted by on Agu 5, 2017 in Agenda Fakultas | 0 comments

suasana musyawarah mahasiwa fakultas adab IAI Sunan Giri

Bojonegoro- Hari Sabtu ini adalah hari yang bersejarah bagi pengurus HMF Adab Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro karena hari ini merupakan Musyawarah tahunan perdana yang di lakukan oleh himpunan mahasiswa ini. Dan pada musyawarah ini telah menetapkan beberapa point dan diantara banyak point yang telah disepakati, ada point penting yakni pemilihan ketua HMF Adab yang baru periode 2017-2018. Walaupun pemilihan mengalami lika-liku dan dinamika akhirnya terpilihlah ketua HMF yang baru yakni Agus Ma’arif. “Terimakasih telah mempercayakan kepengurusan HMF Adab yang baru ini kepada kami, saya bukanlah siapa-siapa jika tanpa dukungan saudara sekalian” tutur pria berjaket hitam yang telah terpilih menjadi ketua HMF yang baru tersebut.

acara ini di gelar mulai jam satu siang hingga jam empat sore. acara ini di hadiri oleh seluruh mahasiswa fakultas Adab IAI Sunan Giri Bojonegoro, mulai dari angkatan 2016 hingga 2014. “karena bu dekan dan bu kaprodi berhalangan hadir maka saya diberi mandat untuk memberikan sambutan dan membuka acara musyawarah tahunan HMF Adab” kata Miftahul Mufid selaku dosen fakultas Adab.

PELATIHAN JURNAL ONLINE BERSAMA FOREDJ

Posted by on Agu 5, 2017 in Agenda Fakultas | 0 comments

Jombang –Publikasi ilmiah hal yang wajib di lakukan oleh para peneliti agar apa yang telah di hasilkan bisa di baca oleh seluruh khalayak. Jika pada zaman dahulu publikasi ilmiah di lakukan dengan cara menuliskan hasil karya ke dalam sebuah jurnal kemudian dicetak baru setelah itu baru sampai pada tangan pembaca, akan tetapi cara ini tidak maksimal karena bersifat lokal. Seperti yang di katakan ketua Foredj “pemakaian jurnal cetak sudah tidak sesuai dengan zaman sekarang karena jurnal cetak mempunyai banyak kekurangan. Sekarang zaman sudah berubah eranya sudah digital jadi paradigma lama harus dirubah.” Oleh sebab itu kebutuhan untuk mengonline kan jurnal menjadi kewajiban. Karena mulai tahun 2017 sudah tidak ada akreditasi jurnal cetak.

Acara yang berlangsung di Jombang ini di buka ketua STIT UW Jombang Prof. Dr. Hj. Istibsjaroh, S.H, M.Ag. dan berlangsung di gedung STIT UW Jalan Cukir Mojowarno Jombang. Acara ini berlangsung selama 2 hari yakni pada hari Senin hingga Selasa.

Acara yang di gelar oleh Foredj di bawah kopertais wilayah IV bertema “merajut ukhwah melalui jurnal ilmiah”. Materi yang diberikan oleh panitia tidak hanya berbicara tentang masalah jurnal akan tetapi juga materi tentang HKI (hak kekayaan intelektul).

Acara ini di hadiri oleh PTKIS sekopertais 4. “Acara Foredj ini sangat bermanfaat dan beruntung bisa menghadiri acara karena kami bisa langsung praktek dalam pembuatan jurnal online secara langsung.” Tutur Midya Amreta Dosen IAI Sunan Giri Bojonegoro.

PKL (PRAKTEK KERJA LAPANGAN) MAHASISWA ADAB IAI SUNAN GIRI BOJONEGORO

Posted by on Jul 30, 2017 in Agenda Fakultas | 0 comments

Bojonegoro- Dalam Thridharma perguruan tinggi menunjukkan bahwa tugas utama civitas akademia  ada tiga hal yakni pengajaran, pengabdian, dan penelitian. Dan PKL yang diadakan oleh fakultas merupakan progra

kantor kemenag Bojonegoro

m yang wajib di lalui oleh mahasiswa sebelum mendapat gelar sarjana. Hal ini senada dengan yang diungkapkan oleh Dekan Fakultas Adab IAI Sunan Giri Ibu Dr. Imroatul Azizah “PKL ini merupakan program wajib yang harus dilalui oleh mahasiswa karena dengan praktek langsung di lapangan ilmu yang mereka dapat akan lebih bermanfaat”.

Kegiatan PKL ini akan berlangsung selama satu bulan yakni dimulai pada tanggal 17 Juli sampai 17 Agustus 2017  dan ada dua lokasi yang menjadi sasaran dalam kegiatan ini yakni di KEMENAG dan lembaga Mumtaza. Lanjut KaProdi BSA “dua lembaga ini merupakan lemabaga yang kredibel dan mampu mebimbing mahasiswa untuk menjadi insan yang bermanfaat. Sedangkan Mumtaza adalah lembaga yang sudah bergerak lama dalam pengembangan bahasa Arab dan penerjamahan kitab Turos oleh karena itu ini menjadi kesempatan emas yang tidak oleh dilewatkan oleh mahasiswa”.

Dosen BSA Lolos Nominee Penelitian Hibah Diktis

Posted by on Jul 19, 2017 in Agenda Fakultas | 0 comments

suasana seminar bantuan penelitian Diktis

Perguruan tinggi mempunyai tiga kewajiban yang harus dilakukan yakni, pengajaran, penelitian, dan pengabdian. Ketiga hal ini merupakan tugas pokok untuk civitas akademika. Dalam istilah lain tiga istilah ini disebut dengan tridharma perguruan tinggi. Oleh sebab itu menjadi seorang dosen profesional selain mengajar masih mempunyai kewajiban meneliti dan mengabdi. Menurut salah seorang panitia penelitian hibah diktis bernama Amang mengatakan “kualitasa penelitian diperguruan tinggi dalam keadaan menghawatirkan, karena masih sedikit sekali dosen yang melakukan penelitian.” Dari masalah ini maka pemerintah melalui Kemenag Diktis memberikan ransangan berupa memberikan insentif berupa uang untuk membiayai penelitian.

Kegiatan penelitian dana hibah ini, melalui beberapa prosedur diantaranya dimulai dengan submit prosposal penelitian berupa Concept Note setelah itu dari 170 proposal akan disaring menjadi 140 peserta dilanjutkan dengan presentasi proposal penitian setelah Diktis melalui reviewer menyatakan bahwa penelitian ini dianggap baik dan baru dinyatakan lolos barulah dana penelitian dapat dicairkan.

“Kami merasa bersyukur dan bangga ada dari dosen kami yang dapat lolos dalam kualifikasi nominator penelitian dana hibah diktis, karena tidak semua dapat kesempatan seperti ini” ucap Nurul Musyafaah kepala prodi Bahasa dan Sastra Arab IAI Sunan Giri Bojonegoro.

Salah seorang nominator dari dosen BSA yang lolos penelitian dana hibah menyatakan: “ini merupakan tanggung jawab yang besar karena dengan lolos nya kami menjadi nominee penelitian ini merupakan kebanggaan sekaligus penuh tanggung jawab”.