DISKUSI DWI MINGGUAN FAKULTAS ADAB

MINORITAS LEBIH BERPELUANG MENCIPTAKAN KREATIFITAS

Posted by on Sep 16, 2018 in Agenda Fakultas | 0 comments

Siti Eka Tsamrotul Fuadah, Blora 30 Juli 1996. Peraih penghargaan penelitian terbaik fakultas Adab prodi BSA dengan judul penelitian ism ghoiru munshorif tingkah majrur dalam surat Al-Baqarah (dirasah tahliliyah nahwiyah) dengan dosen pembimbing Miftahul Mufid, M.Pd.I. Merasakan banyaknya suka duka menjadi angakatan pertama di BSA (babat alas), rasa syukur kpd Allah atas perjuangan yang telah dicapai dan prestasi yang diraih dipersembahkan untuk kedua orangtua, dan khususnya para dosen BSA dan dosen pembimbing. Tidak pernah menyangka mendapatkan penghargaan penelitian terbaik, karena masih merasa kurang puas dengan penelitiannya “saya sendiri dalam penelitian itu masih merasa kurang kurang banyak, kurang puas. Tapi alhamdulillah dinobatkan menjadi penelitian terbaik”. Ujarnya saat ditanya setelah yudisium.

Karena rasa cintanya terhadap Bahasa Arab, Eka berhasil mendapatkan penghargaan penelitian terbaik prodi BSA. Ia berharap semoga kedepannya adik-adik BSA lebih bisa meningkatkan kualitas dan memberikan prestasi. “Jangan pernah minder dengan jumlah kita yang sedikit. Karena minoritas itu lebih berpeluang menciptakan kreatifitas”. Ujar wanita 22 tahun itu.

Babat Alas Yudisium Fakultas Adab

Posted by on Sep 16, 2018 in Agenda Fakultas | 0 comments

Mahasiswa fakultas adab telah melakukan rangkaian salah satu dari persyaratan kelulusan menjadi sarjana. Yudisium merupakan proses pengesahan mahasiswa yang telah dinyatakan lulus dari rangkaian terakhir perjalanan mahasiswa menjadi Sarjana Strata 1 dengan turunnya SK yudisium yang telah diselengarakan di kampus IAISG bojonegoro (12/9). Acara ini dihadiri oleh Dr. Imroatul Azizah, M.Ag selaku Dekan fakultas Adab, Nurul Musyafa’ah, M.Pd.I selaku Kaprodi fak.adab, Saiful Anwar, M.Fil.I, Devi Eka Dianti, M.Pd.I, Miftahul Mufid, M.Pd. serta para anggota senat dan bapak ibu dosen, dan tentunya para peserta yudisium yang juga khidmat mengikuti serangkian acara. 3 dari 21 mahasiswa belum bisa ikut yudisium tahun ini dikarenakan harus menyelesaikan skripsinya terlebih dahulu. Dan rangkain acara yudisium selanjutnya ialah pemberian penghargaan bagi mahasiswa yabg berpestasi dalam akademik IPK tertinggi dan penelitian terbaik. IPK tertinggi BSA diraih oleh M.Dzakirudin. Dan penghargaan dengan Penelitian terbaik BSA diraih oleh Siti Eka Tsamrotul Fuadah dengan judul Isim Ghoiru Munshorif tingkah majrur dalam surat al-baqarah (dirasah tahliliyah nahwiyah) dengan dosen pembimbing Miftahul Mufid, M.Pd.I.
Nurul Musyafa’ah, M.Pd.I selaku ketua prodi BSA mengucapkan lafadz hamdalah dan rasa syukur (menghela nafas dalam”) ”
lega sekali akhirnya perjuangan dari mahasiswa dan bapak ibu dosen selama 4 tahun terbayar sudah sebab ini merupakan lulusan pertama fak. Adab prodi BSA IAISG yang merupakan bentuk apresiasi yang sangat luar biasa, sangat kuat, gigih dan hebat. Adapun Pesan dan kesannya :
“Mahasiswa BSA angkatan 2014 ialah angkatan babat alas. Mereka lah anak pertama bagi prodi BSA. Karena mereka prodi BSA menjadi semakin kuat. Semangat dan kesungguhan mereka patut di contoh oleh adik2 tingkat BSA dibawahnya.
Semoga mereka yang lulus di periode pertama ini menjadi sarjana2 bahasa arab yang tangguh, akademisi yang hebat, yang dapat memanfaatkan ilmu dan pengalamannya di semua hal. Semoga sukses mahasiswa/i BSA angkatan 2014. Doa kami menyertaimu. Ma’an najah fii umurikum.

KEMERIAHAN PEMBUKAAN DAN PENUTUPAN PKKMB IAI SUNAN GIRI

Posted by on Agu 29, 2018 in Agenda Fakultas | 0 comments

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) IAI Sunan Giri Bojonegoro berlangsung sangat meriah. Kegiatan pembukaan PKKMB tahun 2018 di tandai dengan pemukulan bedug sembilan kali dan penerbangan 500 balon. Kegiatan PKKMB ini di buka langsung oleh Ketua Badan Pelaksana Perguruan Tinggi (BPPT-NU) Bojonegoro Drs.H. Muslih Fattah.

“Sangat meriah sekali apalagi waktu momen pelepasan balon” tutur Ari mahasiswa baru IAI Sunan Giri. Bedug menjadi icon dari acara ini. “Kampus ini merupakan kampus berhalauan ASWAJA dan bedug merupakan ciri dari NU” ungkap Farid selaku Koordinator. Lanjut Farid penabuhan sembilan kali adalah simbol kejayaan NU.

Selain itu kemeriahan juga terlihat saat upacara penutupan. sebanyak 473 peserta PKKMB berbaris mebentuk formasi dengan tulisan “IAI”. Koreografer dari formasi ini di pimpin langsung oleh Khurul Anam. “Saya melihat mereka sangat semangat dan sangat antusias membuat formasi” tuturnya.

untuk video formasi bisa di lihat di laman berikut.

klik disini

 

DEMI APRESIASI MAHASISWA, KHOFIFAH TURUN DARI PANGGUNG

Posted by on Agu 28, 2018 in Agenda Fakultas | 0 comments

Ketua BPPTNU Bojonegoro bersama Bu Khofifah dan Warek 2 IAI Sunan Giri Bojonegoro

Masa pengenalan kampus merupakan acara rutin tahunan yang selalu di lakukan oleh kampus IAI Sunan Giri Bojonegoro. Akan tetapi ada yang spesial pada acara pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru (PKKMB), yakni kehadiran Bu Khofifah Indar Parawansa selaku Gubernur Jawa Timur.

Kegiatan PKKMB di hadiri oleh 478 mahasiswa baru dari IAI Sunan Giri Bojonegoro. Kegiatan PKKMB ini di laksanakan selama dua hari yakni pada tanggal 26-27 Agustus. Seluruh peserta dan panitia bersiap menyambut Gubernur baru Jawa Timur mulai pukul setengah empat sore. “Untuk seluruh peserta PKKMB wajib sholat ashar terlebih dahulu dan segera berkumpul dilapangan” ucap Musyafa’ah selaku ketua panitia PKKMB.

 

Pemberian cindera mata oleh rektor IAI Sunan Giri Bojonegoro

Sesuai jadwal Bu Khofifah hadir di IAI Sunan Giri Bojonegoro pukul 4 sore. Pada acara ini Bu Khofifah di minta memberikan motivasi. “Berikut CV dari Bu Khofifah dan waktu sepenuhnnya kami berikan kepada Bu Khofifah untuk memberikan motivasi” tutur Imoratul Azizah selaku Warek 2 IAI Sunan Giri Bojonegoro.

 

Dan tak di duga setelah mengucapkan salam Gubernur baru ini turun dari atas panggung. “Mohon izin untuk kebawah” ucap Khofifah. Setelah turun dari panggung Khofifah berkeliling lapangan dan menanyai 6 mahasiswa. Dalam kesempatan itu Khofifah menanyakan seputar nama, asal, prodi yang di pilih, dan cita-cita. “Cita-cita saya jadi guru Bu, saya dari Fakultas Tarbiyah” tutur Indar selaku mahasiswa.

Dan pada kunjungannya ini Khofifah menutup acara tersebut dengan memberikan hadiah kepada mahasiswa sekaligus penyerahan cindera mata dari rektor IAI Sunan Giri Bojonegoro.  Setelah itu meluangkan waktu untuk foto bersama mahasiswa.

PENUTUPAN PKL MAHASISWA BSA

Posted by on Agu 18, 2018 in Agenda Fakultas | 0 comments

Waktu menunjukkan pukul dua siang, seluruh mahasiswa PKL BSA berkumpul di kantor Pusat Pengembangan Bahasa PPB UIN Malang guna melaksanakan penutupan PKL. Dalam sambutannya Direktur PPB melaporkan bahwa mahasiswa mengikuti PKL ini dengan aktif. “Dalam mengikuti kegiatan PKL ini mereka (mahasiswa) selalu aktif dan tidak pernah alfa selama 30 hari” turu Direktur PPB.

Selain 13 mahasiswa acara penutupan ini juga diikuti oleh Direktur PPB Dr.H. M. Abdul Hamid beserta jajarannya yakni Dr. Danial Hilmi selaku ketua PKPBA dan Dr. Zakiyah Arifa selaku ketua CLCC.

Tujuan dari kegiatan PKL ini adalah untuk melatih skill mahasiswa dalam bidang penerjemahan Bahasa Arab. “Tidak terasa kalian sudah 30 hari disini belajar menterjemah bahasa Arab dan sudah waktunya kembali, bawalah ilmu kalian untuk kalian tularkan” ujar Dekan Adab Dr. Imroatul Azizah.

Dalam closing statement Dr. Danial memberikan nasihat dalam hal penterjemahan. Dia melihat bahwa kesalahan mahasiswa yang sering dalam menterjemahkan adalah membedakan mudhaf dan na’at. “Tolong di perhatikan ketika menterjemah kalian harus jeli membedakan antara tarikib idhofi dan na’at” tutur Dr. Danial.

 

“Anggaplah pertemuan kita selama satu bulan ini seperti jamu. Meskipun rasanya pahit akan tetapi manfaat akan terasa selamanya” tutur Direktur PPB.

CALON MAHASISWA BARU IAI SUNAN GIRI IKUTI TES GELOMBANG 2

Posted by on Jul 24, 2018 in Agenda Fakultas | 0 comments

Mulai dari jam 12 siang peserta tes penerimaan mahasiswa baru sudah memadati kampus IAI sunan Giri Bojonegoro. Kedatangan mereka ke kampus guna mengikuti tes penerimaan mahasiswa baru gelombang 2. “Saya datang lebih awal sekitar pukul 12.00 agar ketika ujian tidak terlambat” ujar Luluk sebagai calon mahasiswa baru prodi BSA. Ujian penerimaan mahasiswa baru IAI Sunan Giri Bojonegoro di ikuti oleh 160 orang. “Panitia sudah menyiapkan ruang untuk tes mulai dari kemarin, karena gelombang ujian gelombang dua akan di ikuti oleh 160 orang” ujar Ainun selaku panitia PMB.

Ada dua tes yang akan dilalui calon mahasiswa baru pertama tes tulis dan tes wawancara. “Setiap peserta mendapatkan kartu dan di dalamnya terdapat nomor test sekaligus nomor ruang” pungkas Farid selaku ketua panitia. Ujian tulis selama dua jam dan ujian wawancara perorang selama 10 menit.

Pengumuman penerimaan mahasiswa akan di umumkan pada tanggal 30 Juli 2018. Setelah tes gelombang dua selesai akan di buka lagi pendaftaran mahasiswa baru gelombang 3. “Bagi yang belum berkesampatan untuk daftar di gelombang 2 jangan khawatir karena setelah ini akan di buka pendaftaran gelombang 3” tutur Farid.

Calon mahasiswa baru IAI mengerjakan tes tulis

PROF. MUHAIMIN SERUKAN PENTINGNYA PUBLIKASI ILMIAH BAGI DOSEN

Posted by on Jul 23, 2018 in Agenda Fakultas | 0 comments

Ada tiga tugas utama dari seorang dosen yang termuat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Yang di maksud dari Tri Dharma ini adalah pengajaran, penelitian dan pengabdian. “Tugas utama dosen tidak hanya mengajar akan tetapi juga meneliti, dengan meneliti seorang dosen akan mampu melakukan publikasi” papar Prof. Muhaimin. Profesor Universitas Brawijaya ini juga mengingatkan bahwa publikasi menjadi penentu kualitas seorang dosen. “Dengan banyaknya publikasi yang di lakukan oleh Dosen, menunjukkan bahwa dosen tersebut berkualitas”, tegasnya.

Prof. Muhaimin mengingatkan bahwa agar dosen berhati-hati dengan jurnal  predator. Secara ringkasnya Jurnal predator adalah jurnal yang di terbitkan oleh penerbit dengan tujuan utama untuk meraup untung dan meminta imbalan besar bagi yang ingin menulis di jurnal tersebut. Jurnal predator ini adalah sebuah istilah yang di ajukan oleh seorang pustakawan bernama Jeffery Beall. Prof. Muhaimin memberikan komentar kepada Beall dan mengatakan bahwa orang tersebut kurang kerjaan karena berhasil menemukan lebih dari 1000 jurnal predator yang terdaftar di index Scopus. “Kita seharusnya berterimakasih pada Beall karena dengan jasanya kita mampu mengetahui mana jurnal yang predator atau bukan” ujar Profesor asal UB.

Dalam closing statementnya Muhaimin menandaskan bahwa dosen harus melakukan publikasi ilmiah karena publikasi menjadi patokan kualitas seorang dosen di era saat ini. “Kualitas dosen di tentukan oleh publikasinya di jurnal Scopus. Dan kunci untuk menulis jurnal yang tembus di jurnal terindex scopus adalah  dengan meneliti, tanpa penelitian psati akan sulit untuk tembus di Scopus” tutur Profoser jebolan Jepang ini.

DELAPAN DOSEN IAI SUNAN GIRI BOJONEGORO MENJADI NOMINEE HIBAH PENELITIAN

Posted by on Jul 20, 2018 in Agenda Fakultas | 0 comments

Delapan dosen IAI Sunan Giri Bojonegoro di nyatakan lolos setelah pihak DIKTIS mengumumkan berita melalui web resminya. “Kami mengucapkan selamat atas delapan dosen yang telah terpilih menjadi nominee hibah penelitian Kemenag” tutur Rektor.

Ketua LP3M IAI Sunan Giri, M. Masjkur mengatakan bahwa delapan tersebut telah melalui seleksi yang ketat dari perguruan tinggi di bawah DIKTIS Kemenag. Dari data yang di dapat dari pihak DIKTIS Kemenag, pendaftar mencapai 1.967 judul penelitian. Kemudian disaring lagi menjadi 900 judul. Kemudian proposal penelitian yang lolos di presentasikan pada ajang Annual Conderence on Research Proposal (ACRP) di Hotel Aston Bogor. Acara ini di buka langsung oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim.

Delapan dosen tersebut antara lain : Imroatul, Devi, Midya, Aya, Farid, Fikri, Nihayatus, Nikmah.

PKL BSA DI MALANG

Posted by on Jul 17, 2018 in Agenda Fakultas | 0 comments

foto bersama dengan ketua PPB UIN Malang

Praktek Kerja Lapangan (PKL) menjadi Syarat wajib bagi mahasiswa untuk mengikuti ujian Skripsi. PKL merupakan sarana bagi mahasiswa untuk mengamalkan ilmu yang telah mereka pelajari selama 6 semester. Tahun ini sebanyak 11 mahasiswa dari fakultas Adab Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) mengikuti kegiatan PKL. “Tahun ini PKL BSA kami arahkan ke penterjemahan tepatnya di Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Malang, dengan ini mereka bisa mempraktekkan ilmu yang mereka dapatkan” ujar KaProdi BSA.

PKL BSA di PPB UIN Malang

Kegiatan PKL ini berlangsung selama satu bulan

mulai tanggal 16 Juli hingga 16 Agustus 2018. “Tak lupa kami berdoa semoga kegiatan PKL BSA berjalan lancer dan semoga Allah memberikan berkah bagi kita semua” Doa Dekan Adab kepada mahasiswa dan mahasiswa yang mengikuti kegiatan PKL.

MENTERI RISTEK-DIKTI INGATKAN MAHASISWA

Posted by on Jul 11, 2018 in Agenda Fakultas | 0 comments

 

Dalam lawatannya ke Bojonegoro Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi memberikan kuliah umum. Dalam kuliahnya Nasir yang menjabat menteri RISTEK-DIKTI mengingatkan mahasiswa terhadap pertumbuhan industri yang berkembang semakin cepat. “Perubahan industri saat ini berkembang dengan sangat pesat, dan kita harus mengikuti zaman jika tidak kita akan jauh ketinggalan”. Lebih lanjut Menteri memberikan contoh perbandingan ojek, jika jaman dulu penumpang ribet ketika mencari ojek bahkan harus berjalan kaki, sekarang calon penumpang tinggal buka aplikasi tentukan tempat lalu pilih kendaraan pilih driver tidak sampai 5 menit sudah selesai.

“Perubahan Industri yang sangat pesat kali ini atau kita lebih kenal dengan istilah industri 4.0 harus menjadi motovasi bagi kita untuk mengembangkan kreatifitas dan invosi. Jika kita tidak mengikuti perubahan ini maka kita akan ketinggalan” pesan menteri dalam closing statementnya.

Acara kuliah umum ini di hadiri sekitar 700 orang. “Yang hadir sekitar 700 orang yang terdiri dari mahasiswa IAI Sunan Giri beserta dosen dan tamu undangan” tutur Farid Usman selaku ketua panitia.