DISKUSI DWI MINGGUAN FAKULTAS ADAB

CALON MAHASISWA BARU IAI SUNAN GIRI IKUTI TES GELOMBANG 2

Posted by on Jul 24, 2018 in Agenda Fakultas | 0 comments

Mulai dari jam 12 siang peserta tes penerimaan mahasiswa baru sudah memadati kampus IAI sunan Giri Bojonegoro. Kedatangan mereka ke kampus guna mengikuti tes penerimaan mahasiswa baru gelombang 2. “Saya datang lebih awal sekitar pukul 12.00 agar ketika ujian tidak terlambat” ujar Luluk sebagai calon mahasiswa baru prodi BSA. Ujian penerimaan mahasiswa baru IAI Sunan Giri Bojonegoro di ikuti oleh 160 orang. “Panitia sudah menyiapkan ruang untuk tes mulai dari kemarin, karena gelombang ujian gelombang dua akan di ikuti oleh 160 orang” ujar Ainun selaku panitia PMB.

Ada dua tes yang akan dilalui calon mahasiswa baru pertama tes tulis dan tes wawancara. “Setiap peserta mendapatkan kartu dan di dalamnya terdapat nomor test sekaligus nomor ruang” pungkas Farid selaku ketua panitia. Ujian tulis selama dua jam dan ujian wawancara perorang selama 10 menit.

Pengumuman penerimaan mahasiswa akan di umumkan pada tanggal 30 Juli 2018. Setelah tes gelombang dua selesai akan di buka lagi pendaftaran mahasiswa baru gelombang 3. “Bagi yang belum berkesampatan untuk daftar di gelombang 2 jangan khawatir karena setelah ini akan di buka pendaftaran gelombang 3” tutur Farid.

Calon mahasiswa baru IAI mengerjakan tes tulis

PROF. MUHAIMIN SERUKAN PENTINGNYA PUBLIKASI ILMIAH BAGI DOSEN

Posted by on Jul 23, 2018 in Agenda Fakultas | 0 comments

Ada tiga tugas utama dari seorang dosen yang termuat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Yang di maksud dari Tri Dharma ini adalah pengajaran, penelitian dan pengabdian. “Tugas utama dosen tidak hanya mengajar akan tetapi juga meneliti, dengan meneliti seorang dosen akan mampu melakukan publikasi” papar Prof. Muhaimin. Profesor Universitas Brawijaya ini juga mengingatkan bahwa publikasi menjadi penentu kualitas seorang dosen. “Dengan banyaknya publikasi yang di lakukan oleh Dosen, menunjukkan bahwa dosen tersebut berkualitas”, tegasnya.

Prof. Muhaimin mengingatkan bahwa agar dosen berhati-hati dengan jurnal  predator. Secara ringkasnya Jurnal predator adalah jurnal yang di terbitkan oleh penerbit dengan tujuan utama untuk meraup untung dan meminta imbalan besar bagi yang ingin menulis di jurnal tersebut. Jurnal predator ini adalah sebuah istilah yang di ajukan oleh seorang pustakawan bernama Jeffery Beall. Prof. Muhaimin memberikan komentar kepada Beall dan mengatakan bahwa orang tersebut kurang kerjaan karena berhasil menemukan lebih dari 1000 jurnal predator yang terdaftar di index Scopus. “Kita seharusnya berterimakasih pada Beall karena dengan jasanya kita mampu mengetahui mana jurnal yang predator atau bukan” ujar Profesor asal UB.

Dalam closing statementnya Muhaimin menandaskan bahwa dosen harus melakukan publikasi ilmiah karena publikasi menjadi patokan kualitas seorang dosen di era saat ini. “Kualitas dosen di tentukan oleh publikasinya di jurnal Scopus. Dan kunci untuk menulis jurnal yang tembus di jurnal terindex scopus adalah  dengan meneliti, tanpa penelitian psati akan sulit untuk tembus di Scopus” tutur Profoser jebolan Jepang ini.

DELAPAN DOSEN IAI SUNAN GIRI BOJONEGORO MENJADI NOMINEE HIBAH PENELITIAN

Posted by on Jul 20, 2018 in Agenda Fakultas | 0 comments

Delapan dosen IAI Sunan Giri Bojonegoro di nyatakan lolos setelah pihak DIKTIS mengumumkan berita melalui web resminya. “Kami mengucapkan selamat atas delapan dosen yang telah terpilih menjadi nominee hibah penelitian Kemenag” tutur Rektor.

Ketua LP3M IAI Sunan Giri, M. Masjkur mengatakan bahwa delapan tersebut telah melalui seleksi yang ketat dari perguruan tinggi di bawah DIKTIS Kemenag. Dari data yang di dapat dari pihak DIKTIS Kemenag, pendaftar mencapai 1.967 judul penelitian. Kemudian disaring lagi menjadi 900 judul. Kemudian proposal penelitian yang lolos di presentasikan pada ajang Annual Conderence on Research Proposal (ACRP) di Hotel Aston Bogor. Acara ini di buka langsung oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim.

Delapan dosen tersebut antara lain : Imroatul, Devi, Midya, Aya, Farid, Fikri, Nihayatus, Nikmah.

PKL BSA DI MALANG

Posted by on Jul 17, 2018 in Agenda Fakultas | 0 comments

foto bersama dengan ketua PPB UIN Malang

Praktek Kerja Lapangan (PKL) menjadi Syarat wajib bagi mahasiswa untuk mengikuti ujian Skripsi. PKL merupakan sarana bagi mahasiswa untuk mengamalkan ilmu yang telah mereka pelajari selama 6 semester. Tahun ini sebanyak 11 mahasiswa dari fakultas Adab Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) mengikuti kegiatan PKL. “Tahun ini PKL BSA kami arahkan ke penterjemahan tepatnya di Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Malang, dengan ini mereka bisa mempraktekkan ilmu yang mereka dapatkan” ujar KaProdi BSA.

PKL BSA di PPB UIN Malang

Kegiatan PKL ini berlangsung selama satu bulan

mulai tanggal 16 Juli hingga 16 Agustus 2018. “Tak lupa kami berdoa semoga kegiatan PKL BSA berjalan lancer dan semoga Allah memberikan berkah bagi kita semua” Doa Dekan Adab kepada mahasiswa dan mahasiswa yang mengikuti kegiatan PKL.

MENTERI RISTEK-DIKTI INGATKAN MAHASISWA

Posted by on Jul 11, 2018 in Agenda Fakultas | 0 comments

 

Dalam lawatannya ke Bojonegoro Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi memberikan kuliah umum. Dalam kuliahnya Nasir yang menjabat menteri RISTEK-DIKTI mengingatkan mahasiswa terhadap pertumbuhan industri yang berkembang semakin cepat. “Perubahan industri saat ini berkembang dengan sangat pesat, dan kita harus mengikuti zaman jika tidak kita akan jauh ketinggalan”. Lebih lanjut Menteri memberikan contoh perbandingan ojek, jika jaman dulu penumpang ribet ketika mencari ojek bahkan harus berjalan kaki, sekarang calon penumpang tinggal buka aplikasi tentukan tempat lalu pilih kendaraan pilih driver tidak sampai 5 menit sudah selesai.

“Perubahan Industri yang sangat pesat kali ini atau kita lebih kenal dengan istilah industri 4.0 harus menjadi motovasi bagi kita untuk mengembangkan kreatifitas dan invosi. Jika kita tidak mengikuti perubahan ini maka kita akan ketinggalan” pesan menteri dalam closing statementnya.

Acara kuliah umum ini di hadiri sekitar 700 orang. “Yang hadir sekitar 700 orang yang terdiri dari mahasiswa IAI Sunan Giri beserta dosen dan tamu undangan” tutur Farid Usman selaku ketua panitia.

Tingkatkan Kualitas Penelitian, IAI Sunan Giri Bojonegoro Gelar Sekolah Teori Sosial, Klinik Proposal, dan Indexing

Posted by on Jul 11, 2018 in Agenda Fakultas | 0 comments

IAI Sunan Giri Bojonegoro bekerjasama dengan Forum Komunikasi Dosen Peneliti (FKDP) dan Forum Redaktur Jurnal (Foredj) Kopertais IV Surabaya menyelenggarakan Sekolah Teori Sosial, Klinik Proposal, dan Indexing. Acara yang digelar pada tanggal 24-25 Maret 2018 di IAI Sunan Giri Bojonegoro ini diikuti oleh Dosen dari IAI Sunan Giri Bojonegoro dan 6 PTKIS wilayah Pantura, diantaranya: IAI Qomarudin Gresik; Institut Pesantren Sunan Drajat (Insud) Lamongan, STIT Al Fattah  (STITAF) Lamongan, Universitas Billfath Lamongan, Universitas Islam Lamongan, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan; STIT Muhammadiyah Bojonegoro; dan IAI Ngawi.Jauharul Maarif. M.Pd.i, selaku Rektor IAI Sunan Giri Bojonegoro dalam sambutannya menekankan pentingnya Tridharma Perguruan Tinggi bidang Penelitian dan dosen harus semangat untuk meneliti. “Banyak Ayat al-Quran yang menganjurkan untuk meneliti, maka umat Islam harus semangat meneliti dan jangan lupa belajar dan praktek ilmunya meneliti” tandas M. Jauharul Maarif.

Selain itu, Sekretaris Kopertais Wilayah IV Surabaya, Muhammad Nuril Huda, M.Pd dalam sambutannya menjelaskan standar penelitian dan perkembangan ilmu pengetahuan yang begitu pesat. Nuril Huda juga sangat mengapresiasi kepada para dosen PTKIS yang mampu bersaing dengan dosen PTKIN. Salah satunya didukung dengan peran FKDP yang telah menggerakkan dinamika dan semangat para dosen dan PTKIS di wilayah Kopertais IV (Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara).

Agenda yang digelar untuk mempersiapkan para dosen dalam kompetisi Hibah Penelitian Diktis 2018 ini diperkuat dengan materi Sekolah Teori Sosial dengan nara sumber Dr. Abdul Muhid, M.Si, sehingga kualitas proposal yang diajukan akan semakin bermutu.

Selain itu, para peserta juga dibekali dengan Aplikasi Referance Manager Mendeley untuk mempermudah dalam mensitasi dan menulis tata aturan pengutipan secara otomatis dan tips untuk meningkatkan mutu publikasi ilmiah di media online.

BPPTNU BOJONEGORO GELAR HALAL BI HALAL

Posted by on Jul 4, 2018 in Agenda Fakultas | 0 comments

Momen Idul Fitri menjadi momen yang paling di nanti oleh umat muslim sedunia. Umat Islam menyambutnya dengan penuh ke bahagiaan. Hari Idul menjadi momen yang pas untuk saling bermaaf-maafan dan menyambung tali silaturahim. Oleh sebab itu ketua badan Badan Pelaksana Perguran Tinggi (BPPT) NU Bojonegoro tidak ingin melwatkan momen yang sakral ini dengan mengadakan acara Halal Bi Halal yang bertempat di aula IAI Sunan Giri Bojonegoro. “Halal bi halal ini menjadi hal yang sangat penting untuk mempererat tali silaturahmi diantara kita, dan ini menjadi momen kita untuk saling memaafkan” ujar KH.Muslih dalam sambutannya.

Ketua BPPTNU dalam sambutannya mengingatkan bahwa antara IAI Sunan Giri dan UNUGIRI Bojonegoro adalah satu. “Tidak ada bedanya antara IAI dan UNU karena kita adalah satu keluarga besar dan kami sudah melakukan upaya untuk melakukan marger antara IAI dan UNU” tegas ketua BPPT.

Selain di hadiri oleh dosen IAI dan UNU, BPPT juga turut mengundang Suriah NU Bojonegoro mbah Kyai Maimun Syafi’i. Kyai Maimun dalam sambutannya mengingatkan bahwa PILKADA tidak boleh menjadi ajang untuk memutus tali silaturrahim. “Kita berkumpul ketika momen Pilkada usai, dan jangan sampai karena pilihan kita berbeda menjadikan kita tidak saling akur terlebih sampai memutus silaturahim” lanjut Suriah “sekarang waktu yang tepat untuk kita saling memberikan maaf karena Allah sangat mencintai orang yang suka memaafkan, dengan saling memaafkan akan menjadi wasilah rahmat Allah turun”.

UJIAN SKRIPSI  PERTAMA PRODI BSA

Posted by on Jul 4, 2018 in Agenda Fakultas | 0 comments

Selasa pertama bulan Juli tahun ini menjadi hari yang mendebarkan bagi mahasiswa prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro. Pasalnya ini merupakan tahun pertama Prodi Bahasa dan Sastra Arab mengadakan ujian skripsi. Nurul mengungkapkan bahwa tidak seluruh mahasiswa lolos gelombang satu. “Pada ujian  gelombang satu ini ada 6 mahasiswa” ujar KaProdi. Banyak dari mahasiswa yang mengaku khawatir ketika ujian, “degdegan rasanya takut, jika pertanyaannya sulit”. Ujian skripsi di mulai dari jam 8 pagi. Seluruh mahasiswa diberikan waktu 60 menit, 20 menit presentasi 30 menit tanya jawab 10 menit kritk dan saran.

LOMBA DILAN PESERTA MEMBLUDAK

Posted by on Apr 22, 2018 in Agenda Fakultas | 0 comments

Bojonegoro– Bahasa Arab termasuk salah satu mata pelajaran favorit. Hal ini terbukti ketika Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) IAI Sunan Giri Bojonegoro mengadakan acara tiga kejuaraan lomba Bahasa Arab pesertanya membludak. “Pertama kali di buka pendaftaran pesertanya Cuma 35 orang setelah H-5 jadi 130 pendaftar dan waktu tehnikal meeting pesertanya mencapai 146 siswa” tutur Veri selaku ketua Panitia. Salah satu yang unik dari lomba ini adalah tema yang di usung. “Tema lomba ini adalah DILAN singkatan dari Daurah Ilmu Lughah Al Arabiyah An Nabih, tema ini sengaja di buat begitu supaya banyak yang penasaran” ungkap Nurul Musyafaah KaProdi BSA. Bahkan ketika pendaftaran ini di tutup masih banyak peserta yang masih ingin ikut lomba. “Kuota Peserta DILAN sudah tutup karena kuota sudah penuh”. Dalam DILAN ini ada 3 kategori yang dilombakan antara lain: Pidato Bahasa Arab, Lomba baca kitab kuning dan Olimpiade Bahasa Arab.

HMF ADAB KENALKAN BAHASA ARAB KE SEKOLAH

Posted by on Jan 13, 2018 in Agenda Fakultas | 0 comments

  Bahasa Arab adalah salah satu bahasa internasional yang di akui oleh dunia. Selain itu bahasa Arab juga adalah gerbang untuk memahami teks-teks agama Islam. Oleh sebab itu bahasa Arab menjadi sangat penting untuk di pelajari. Semangat untuk memperkenalkan Bahasa Arab inilah yang menyebabkan Mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab ini bangkit untuk sharing ilmu dan membagikan pengalaman kepada siswa-siswa tingkat SMA Sederajat. “Bahasa Arab itu wajib di pelajari karena kebanyakan teks Islam menggunakan Bahasa Arab” tutur Mufid selaku Dosen Bahasa Arab.

Dan Program yang diadakan oleh HMF Adab ini di beri nama Arabic Go To School. “Tujuan kegiatan (Arabic Go To School) ini adalah untuk memperkenalkan bahasa Arab kepada siswa” tutur Agus selaku ketua HMF Adab. Kegiatan ini akan di langsungkan mulai dari tanggal 13 hingga 21 Januari di sekolah sasaran yang berbeda mulai dari Tuban hinggaBojonegoro. “Kami berikan materi dan memperkenalkan mufrodat dan percakapan sehari-hari dalam bahasa Arab kepada mereka” tutur Nurul selaku pemateri dan pimpinan Prodi.